Apa Itu VPN dan kegunaanya untuk pekerjaan anda

Apa Itu VPN dan kegunaanya untuk pekerjaan anda — VPN sudah lama ditemukan tapi hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakannya. VPN juga masih digunakan sampai dengan saat ini. vpn atau virtual private network adalah layanan yang memungkinkan pengguna mengakses web dengan aman dan terenkripsi/ rahasia.

Apa Itu VPN virtual private netwok

VPN/ virtual private netwok berfungsi memberikan layanan akses internet ke website-website secara private dan lebih aman. keamanan dalam vpn terjamin karena vpn dapat mengubah jalur koneksi yang melewati server sambil menyembunyikan setiap pertukaran data yang diakses oleh user saat berselancar di internet.

penjelasan masing-masing kata pada Virtual Private Network:

  1. Virtual: hal yang tidak nyata atau semu, di dunia maya/ internet
  2. Private: hal yang sifatnya pribadi, tidak bisa diakses sembarang orang. Untuk menjaga kerahasiannya dari jaringan publik maka semua data akan di-enkripsi
  3. Network: jaringan koneksi yang saling terhubung

Also Read : Pentingnya social media management

Fungsi VPN dalam menjaga kerahasiaan data

Fungsi VPN dalam menjaga kerahasiaan data agar orang lain yang tidak berkepentingan tidak bisa dengan sembarangan mengakses data tersebut. Hal ini jauh lebih aman daripada jaringan biasa atau umum yang dapat diakses oleh siapapun. Ada lebih banyak ancaman hacker atau cracker dengan mengakses melalui jaringan publik.

 

Manfaat VPN secara umum

Dengan adanya VPN maka semua transmisi data yang terjadi antara komputer atau gadget pribadi akan terenkripsi sehingga aman dari pihak lain yang tidak diinginkan.

Secara umum manfaat penggunaan VPN adalah sebagai berikut:

  1. Privasi yang lebih terjamin dengan adanya fitur enkripsi dari ISP saat berselancar di internet. Pengguna VPN dapat menyembunyikan alamat IP sehingga pihak lain tidak akan mengetahui lokasi geografis pengguna. Jika jenis VPN yang digukanan premium, lokasi pengguna akan berpindah setiap 10menit ke berbagai negara yang ditentukan.
  2. VPN juga memberikan fitur remote acces yang berguna untuk mengakses jaringan komputer dikantor atau dimana saja melalui jaringan internet.
  3. VPN membantu menjaga keamanan jaringan internet anda dari serangan hacker, dan orang yang tidak bertanggung jawab.
  4. Penggunaan VPN pada jaringan lokal yang luas dapat dilakukan dengan biaya murah karena menggunakann jaringan internet yang telah ada tanpa harus membanguna jaringan sendiri.

 

Kelebihan VPN

  1. Bisa bebas memilih IP Address dari negara manapun.
    Keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi VPN di android adalah bebas memilih alamat IP negara lain.Tapi kebanyakan pengguna Indonesia lebih memilih alamat IP dari negara Singapura. Selain karena jaraknya yang dekat, juga speed koneksinya terbilang ngebut banget.
  1. Tidak ada lagi Network Filter.
    Bekerjasama juga dengan provider yang ada di Indonesia, situs terlarang tidak akan bisa diakses dengan diarahkan ke Internet Positive.Tapi ternyata tidak selama situs terlarang saja yang diblokir oleh pemerintah dan Kominfo. Bahkan ada beberapa situs bermanfaat bagi sebagian orang justru ikut diblokir. Tapi tenang saja, dengan aplikasi VPN situs-situs terblokir tersebut bisa diakses kembali.
  1. Bisa digunakan secara gratis.
    versi gratis dari aplikasi VPN sudah cukup untuk mendapatkan banyak hal yang kamu mau.
  1. Koneksi lebih aman, cepat dan anti tracking.
    Server Singapura misalnya, selain koneksi yang sangat cepat, kamu juga bisa merasakan sensasi internetan dengan aman dan tanpa tracking.
  1. Mudah dalam penggunaannya.
    Kamu tidak perlu melakukan konfigurasi yang rumit, cukup satu dua kali klik VPN sudah aktif digunakan di android.
  1. Menghemat biaya setup jaringan.
    VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.
  1. Kemampuan membentuk jaringan LAN yang tidak di batasi tempat dan waktu.
    karena koneksitasnya dilakukan via internet. Koneksi internet apapun dapat digunakan seperti Dial-Up, ADSL, Cable Modem, WIFI, 3G, CDMA Net, GPRS,& . sistem PVN ini paling tepat digunakan untuk penggunaan suatu database terpusat untuk mengkomunikasikan antara server dan client via internet seperti Aplikasi Perdagangan, Purchase, P.O.S, Accounting, Cashir, Billing system, General Ledger, DLL

Kekurangan VPN

  1. Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya “nebeng” koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
  2. Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.
  3. Rawan Penyadapan
  4. Tidak ada Kendali Utama Pengguna
  5. Perangkat Tidak Sesuai
  6. Tidak Adanya Standar Yang Memenuhi

Tag

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
× we love to help you