5 Kriteria design website yang baik

 5 Kriteria design website yang baik — Website yang baik akan berpeluang lebih baik untuk bisnis, ini bukan rahasia lagi sudah sangat umum digunakan. Dengan mempunyai website yang baik di era digital ini maka peluang menjangkau masyarakat atau konsumen akan lebih luas dan cepat.

Tujuan menggunakan website adalah sebagai alat atau media untuk memudahkan orang menemukan informasi tentang apa yang  kita tawarkan tanpa ada batasan jarak dan waktu, kapan saja dan dimana saja orang bisa melihat produk atau jasa yang ditampilkan pada website.

Disadari atau tidak, desain web adalah perjumpaan pertama antara pembaca dengan kita. Semakin baik kesan yang didapat, maka konten kita akan memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk sampai kepada pembaca. Begitu juga dengan produk atau jasa yang sedang kita jual.

Tampilan situs web juga sangat berpengaruh terhadap SEO website kita di search engine seperti google. Semakin SEO Friendly Tampilan website maka semakin tinggi peringkat yang akan didapatkan di search engine.

Baca Juga : Cara membuat website Seo Friendly

Pada zaman modern seperti sekarang ini, semakin banyak orang yang menyadari akan pentingnya penggunaan sebuah website. Tak heran jika kini banyak website yang bisa Anda temukan melalui mesin pencari. Akan tetapi cukup disayangkan karena tak semua dari website tersebut memenuhi kriteria website yang baik dan memenuhi syarat.

Hal-hal penting yang perlu anda perhatikan ketika membuat website adalah sebagai berikut :

1. Design Website

5 Kriteria design website yang baik

Tema penampilan website bisa simple dan profesional. penampilan yang baik sangat penting. Tujuannya adalah agar pengunjung merasa nyaman saat menjelajahi website, maka developer akan berusaha membuat design visual yang menarik dan unik.

Dalam merancang penampilan yang bagus, membutuhkan keterampilan seorang web desainer. Seorang  web design mampu membuat website yang bagus sesuai isi dan terget konsumen. Kombinasi desain web antara warna, garis, navigasi dan termasuk kecepatan loading web saat dibuka di browser dan mobile.

Design visual yang baik slalu menggunakan warna yang konsisten dan nyaman dipandang, layout grafik yang konsisten akan memudahkan pengunjung membaca dan memahami teks/informasi yang ada di design.

Buatlah susunan atau aliran informasi yang mudah diikuti oleh mata pembaca, susunlah elemen berdasarkan skala prioritas. Sebagian besar orang sudah biasa membaca dari kiri ke kanan maka letakan hal penting di kiri dan menu di kanan. perhatikan setiap elemen penyeimbang design.

2. Loading Speed

5 Kriteria design website yang baik

Tampilan website yang bagus akan membuat loading website semakin lama karena terdapat banyak animasi yang membuat nyaman pengunjung. Oleh karena itu pastikan loading website anda harus baik. Loading Speed yang baik adalah 3-5s/halaman dengan menggunakan batas standar kecepatan terendah koneksi internet 3G/4G di Indonesia adalah 100kbps. Semakin singkat loading time sebuah website, maka semakin banyak pula pengunjungnya.

Berdasar data yang ada, jika loading website melebihi 15 detik belum terbuka sempurna, 80{ec209b807f1f06d00c00a7b6ab1f8f795fd1fe67d512147ff31c7d8b4aa22925} pengunjung terutama via mobile smartphone akan menutup dan mencari alternatif yang lain.

Membuat website yang bisa mempunyai loading super cepat adalah pekerjaan programer web developer.

3. Website Responsive

5 Kriteria design website yang baik

Website yang bagus yaitu website yang responsive. Website responsive merupakan website yang mampu merespon tampilan website jika di akses di berbagai device pengguna. Pengguna akan memiliki device yang sangat beragam, baik itu desktop ataupun mobile, namun seharusnya tidak mengganggu kenyamanan pengguna mengenai tampilan atau aksesibilitas website kamu. Oleh karena itu dengan website responsive, tampilan website kamu akan tetap bagus jika di akses diberbagai device pengguna. Kenyamanan pengguna merupakan tanggung jawab kamu sebagai pemilik website.

4. Meta Tags

5 Kriteria design website yang baik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meta tags dapat memudahkan mesin pencari dan users untuk menemukan situs web Anda. Anda dapat mengoptimalkan penulisan meta tags sehingga website memiliki peringkat yang lebih baik di dalam hasil mesin pencarian. Terdapat beberapa jenis meta tags yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs web di mesin pencarian, yaitu :

Title tag

Title tag atau tag judul merupakan elemen HTML yang digunakan untuk menunjukkan judul halaman website. Pada umumnya, title tag akan ditampilkan pada hasil mesin pencarian atau SERP sebagai judul utama dan dapat diklik oleh pengunjung website. Title tag memiliki peran penting karena dapat memudahkan pengunjung dan mesin pencari untuk mengetahui apa isi konten website. Jika Anda ingin membuat title tag, sebaiknya panjang judul tidak lebih dari 70 karakter agar tidak terpotong di dalam hasil mesin pencarian.

Meta description

Sesuai dengan namanya, meta description adalah meta tags HTML yang memberikan deskripsi singkat tentang halaman web Anda. Mesin pencari menggunakan meta description sebagai potongan teks singkat di bawah title tag dalam hasil mesin pencari. Meta description yang ditulis dengan baik, dapat menarik lebih banyak pengunjung web untuk mengklik website Anda.

Alt text

Alt text merupakan atribut yang ditambahkan ke image tag dalam HTML untuk membantu mesin mencari memahami gambar apa yang Anda gunakan. Meskipun mesin pencari tidak dapat melihat gambar yang Anda posting di situs web, mesin pencari dapat membaca gambar apa yang ditampilkan melalui alt text. Untuk mengoptimalkan website Anda, alt text harus ditulis dengan jelas dan mampu mendeskripsikan gambar yang Anda posting di website.

Header tag (h1, h2, h3, dst)

Header tag merupakan bagian dari konten Anda. Selain dapat memudahkan pengguna dalam membaca konten website, header tag juga dapat membantu mesin pencari untuk memahami konten Anda. Search engine bots menggunakan header tag untuk memahami struktur dan relevansi konten yang ditulis di setiap sub heading website.

5. Konten yang Menarik dan Relevan

5 Kriteria design website yang baik

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan yaitu konten yang kamu buat, konten sangat berpengaruh terhadap kesuksesan website kamu. Selain itu, konten juga sangat berpengaruh terhadap SEO dan rating website pada mesin pencarian. Kamu harus mampu menciptakan konten yang sangat menarik dan relevan dengan tujuan akhir website kamu. Dengan konten yang menarik dan relevan akan menambah banyak pengunjung agar berkunjung ke website kamu.

Cara Membuat Konten yang berkualitas :

  1. Buatlah Konten Yang Sesuai Tren
  2. Konten Harus Mendefinisikan Audiens Anda
  3. Repurpose Konten Anda
  4. Promosikan dan Distribusikan Konten Anda
  5. Tetapkan Tujuan Anda
  6. Buat Konten Yang Orisinil
  7. Bisa Memberikan Jawaban
  8. Akurat Dalam Melaporkan dan Mengambil Informasi
  9. Ciptakan Engaging Content
  10. Menambahkan Gambar dan Video sebagai ilustrasi
  11. Buatlah konten yang Mudah Ditemukan (Findable)
  12. Buatlah konten yang Bisa Dibagikan (Shareable)
  13. Buatlah konten yang Mudah Dibaca (Readable)
  14. Buatlah konten yang Selalu Diingat (Memorable)

 

5 kriteria diatas merupakan kriteria yang harus ada pada website kamu agar website kamu lebih berkualitas dan dikenal oleh banyak orang. Tidak semua orang bisa membuat website sendiri, namun sekarang telah banyak jasa yang menyediakan jasa pembuatan website.

Salah satunya Mousmedia, Mousmedia merupakan agensi digital marketing yang dapat membantu kamu dalam membuat website, Mousmedia juga menerapkan 5 kriteria diatas dalam membuat website. Sebagai wujud keahlian Mousmedia dalam membuat website, Mousmedia telah berhasil membantu client dari berbagai negara.

Tag

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of