8 kriteria desain logo yang baik dan benar bagi usaha anda

8 kriteria desain logo yang baik dan benar bagi usaha anda — Membuat desain logo tidak hanya membuat lambang yang kemudian digunakan untuk stempel perusahaan atau kop surat, logo lebih dari itu. Desain logo membantu pencitraan sebuah lembaga atau perusahaan. Dengan desain logo yang baik maka image perusahaan juga baik. Desain logo mampu membuat citra sebuah bisnis atau perusahaan terlihat lebih profesional. Desain logo yang baik bukan hanya sekedar membuat gambar yang lalu digunakan sebagai kop surat atau stempel perusahaan, logo memiliki kekuatan lebih dari itu. Desain logo tersebut pun juga harus memiliki grafis yang mampu menarik perhatian dengan bentuk sederhana yang mampu menjangkau target yang sebelumnya telah ditetapkan.

8 kriteria desain logo yang baik menurut mousmedia, Kriteria ini bisa digunakan untuk membuat desain logo yang sesuai dengan prinsip dasar logo efektif, jadi kita tidak melihatnya atas dasar kecantikan dan keindahan logo.

Ciri – ciri desain logo yang benar

1. Sederhana

Sederhana - 8 kriteria desain logo yang baik dan benar bagi usaha anda

Keserdehanaan dalam logo memang menjadi salah satu hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Sebab, kesederhanaan sebuah logo membuatnya lebih mudah untuk dikenali , gampang diingat sekaligus lebih mudah ketika diaplikasikan di berbagai media. Oleh karenanya, di kalangan graphic designer, dikenal sebuah prinsip KISS yakni” Keep It Simple, Stupid”. Dalam prinsip tersebut, selalu menekankan betapa pentingnya kesederhanaan saat mendesain sebuah logo, supaya logo tersebut lebih berkesan serta dapat men-deliver pesan secara efektif. Misal logo yang cocok kita gunakan di kop surat juga harus terlihat bagus ketika digunakan untuk stempel. Kita bisa lihat contoh logo Nike yang sangat sederhana namun juga penuh makna.

 

Baca Juga : Pentingnya Google My Business untuk usaha anda

 

2. Tidak terlalu abstrak

Tidak Terlalu Abstrak - 8 kriteria desain logo yang baik dan benar bagi usaha anda

Salah satu fungsi logo adalah untuk menjadi identitas dan penyampai pesan. Ketika orang tidak melihat apapun dari logo kamu kecuali bentuknya yang unik, berarti logo kamu gagal. Pastikan untuk membuat design logo yang tetap dapat menyampaikan image dan pesan yang diinginkan, tanpa harus mengurangi keunikannya.

3. Mudah diingat

Mudah Diingat - 8 kriteria desain logo yang baik dan benar bagi usaha anda

Jika kita berupaya untuk membangun brand yang kuat, maka apapun yang berhubungan dengan perusahaan kita harus mudah diingat masyarakat, termasuk logo. Usahakan logo kita bisa menarik perhatian masyarakat di pandangan pertama, setelah itu dilain waktu mereka akan mudah menebak bahwa itu logo kita. Pasti ingat dengan logo Apple kan? Iya, logo yang sangat mudah dikenal di dunia. Tanpa tulisan Apple pun kta sudah bisa menebak bahwa itu logo Apple.

4. Memberikan Kesan yang Dalam

Memberikan Kesan Yang Dalam - 8 kriteria desain logo yang baik dan benar bagi usaha anda

Setelah menonjolkan kesederhanaan, prinsip selanjutnya saat mendesain logo ialah berikan kesan yang dalam pada logo tersebut. Sebuah desain logo yang efektif harusnya dibuat supaya mudah diingat dan mampu memberikan kesan pada setiap orang yang melihatnya. Hal ini bisa dicapai dengan memikirkan pesan pada logo tersebut supaya sesuai dan ada saling keterkaitan antara logo dengan bisnis atau perusahaan tersebut.

5. Tahan Lama atau Abadi

Tahan Lama Atau Abadi - 8 kriteria desain logo yang baik dan benar bagi usaha anda

Sebuah desain logo yang baik seharusnya tahan lama dan abadi serta tak mudah ketinggalan jaman. Jadi, sebelum Anda memutuskan ingin mendesain sebuah logo, coba tanyakan kembali, apakah desain tersebut masih sama efektifnya untuk 10 tahun, 20 tahun, bahkan 50 tahun yang akan datang.Usahakan logo perusahaan Anda abadi dan sesuai dengan zaman apapun, Perlu diingat jika desain logo ini tak sama dengan industri fashion yang selalu mengikuti trend dan selalu berubah setiap waktu. Jika sebuah perusahaan sering mengganti logonya, masyarakat akan bingung dan merugikan proses branding perusahaan Anda.

6. Mudah Diaplikasikan

Mudah Diaplikasikan - 8 kriteria desain logo yang baik dan benar bagi usaha anda

Logo yang baik dan efektif harus tetap bisa menonjol di media atau aplikasi apapun. Sebab logo juga harus fungsional. Itulah sebabnya, mendesain logo haruslah dirancang menggunakan format vektor, hal ini untuk memastikan jika logo tersebut ukurannya dapat diubah-ubah dalam skala berapa pun. Selain itu desain logo tersebut sebaiknya juga harus bisa diubah dalam format vertikal maupun horizontal. Sebagai pertimbangan, sebelum pergi ke jasa design grafis berlangganan Anda untuk membuat design logo, coba cari tahu dan tanyakan apa yang akan Anda dapatkan untuk desain logo Anda secara lebih detail.

7.  Tepat Sasaran

Tepat Sasaran - 8 kriteria desain logo yang baik dan benar bagi usaha anda

Sebuah design logo yang efektif juga harus sejalan dengan tujuan yang hendak disampaikan oleh klien. Misalnya saja sebagai contoh, saat Anda ingin merancang logo untuk sebuah toko mainan anak, maka akan jauh lebih pas jika menggunakan font yang terlihat childish dengan skema warna yang colorfull dan ceria. Namun saat ingin mendesain sebuah logo untuk firma hukum, maka jangan lakukan hal tersebut.

8. Tidak menimbulkan arti lain ketika di utak-atik

Tidak Menimbulkan Arti Lain Ketika Di Utak Atik - 8 kriteria desain logo yang baik dan benar bagi usaha anda

Beberapa logo perusahaan ditarik dari peredaran karena masyarakat menemukan arti lain ketika dilihat dari sisi yang berbeda. Misalnya logo “Weight Watchers” yang ketika dilihat lebih jelas ternyata tanpa disengaja terselip kata-kata kotor pada logonya. Teliti ulang design logo kamu sebelum mempublishnya, bisa dengan cara meminta pendapat dari orang-orang disekitar kamu.

5 1 vote
Article Rating

Share and Enjoy !

0Shares
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga : 8 kriteria desain logo yang baik dan benar bagi usaha anda […]

0Shares
Open chat