Mengenal Responsive Web design dan keuntungannya

Mengenal Responsive Web design dan keuntungannya — Dalam pembahasan artikel ini kita akan mulai mengenal apa itu responsive web design. Peningkatan popularitas penggunaan perangkat pintar (tablet, ponsel, dll) yang secara terus-menerus dan telah menciptakan permintaan yang sangat serius untuk sebuah situs web agar dapat dilihat pada layar kecil.

Pengertian Responsive Web Design

Responsive web design adalah sebuah halaman web dimana tampilannya akan selalu cocok,rapi dan tetap enak di lihat jika di akses dari perangkat apapun dengan resolusi layer yang berbeda, baik mobile , tablet, dan computer. Resvonsive web design bertujuan memberikan pengalaman berselancar yang optimal, Desain web responsif merupakan sebuah teknik atau metode yang digunakan web designer untuk membuat suatu layout website yang nantinya akan menyesuaikan diri sesuai dengan tampilan device pengunjung yang digunakan. Baik dari ukuran huruf, user interface, gambar dan tata letak akan menyesuaikan dengan lebar layar dan resolusi device yang digunakan pengunjung.

Perbedaan Responsive Web Design dengan Mobile Design.

Mous2

Responsive Web Design tidak sama dengan mobile design. Mobile design perlu menciptakan sebuah situs atau web app yang sama sekali baru dengan konten khusus yang diciptakan untuk mobile experience. Dalam hal ini responsive website merupakan sebuah situs yang memiliki domain yang sama, konten yang sama, dan sintaks yang sama, kurang lebih dimanipulasi oleh JavaScript dan / atau CSS3 Media Queries.

Sebuah website harus terlihat baik, tapi yang paling penting, bisa sama-sama digunakan pada smartphone, tablet, e-reader, dan desktop atau laptop tanpa mengalami kerusakan pada tampilannya, tentunya enak dilihat mata. Ini tidak hanya berdampak pada seseorang yang mengunjungi website kita saja, tapi bagi kamu yang memanfaatkan google untuk meningkatkan trafik kunjungan ke website/blog yang kamu buat, ini sangat penting.

Kelebihan dan Kekurangan Responsive WebDesign

Sudah banyak web designer yang menggunakan teknik ini baik lokal maupun luar dan hal ini pun mungkin tuntutan client maupun dengan pertimbangan dari Kelebihan dan kekuranganya berikut:

Kelebihan  Responsive WebDesign:

  1. responsive
    Tentunya dapat diakses oleh berbagai device dengan ukuran layar berbeda-beda dan tetap dengan tampilan yang rapih.
  2. Hemat Biaya
    Pelanggan hanya perlu membayar untuk pengembangan satu situs web. Tidak ada aplikasi mobile atau website mobile yang diperlukan.
  3. Kemudahan dalam maintenance
    Dengan perencanaan yang tepat, penggunaan responsive web design dapat memungkinkan untuk beberapa efisiensi karena kamu tidak harus membuat semua konten baru untuk setiap saluran yang ingin mencapai.
  4. Penghematan sub domain
    Penghematan sub domain, yang harusnya mengakses dengan device mobile harus menggunakan “m” di depan domain, sekarang cukup dengan mengetik nama domainnya saja dan tampilan akan menyesuaikan dengan device yang digunakan.

Kekurangan Responsive Webdesign:

  1. Bisa memperpanjang waktu pengembangan dan biaya dimuka.
    Dalam poin kami menyebutkan akan menghemat waktu, tapi tidak untuk pembuatan pada tahap awal. Ini akan membutuhkan waktu yang agak lama untuk mebangun strukturnya.
  2. Konten harus sama-sama tersedia disemua platform dan sistem operasi.
    Beberapa orang mencoba untuk mengambil langkah yang mudah dengan menyembunyikan konten dan elemen yang cenderung lebih sulit untuk ditangani pada perangkat mobile.

 

Tag

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of