Pentingnya Perawatan (Maintenance) Website

Pentingnya Perawatan (Maintenance) Website — Tahap Maintenance website biasanya di lakukan setelah website selesai dibuat untuk membat website selalu normal. Jasa Maintenance website ini diperuntukan bagi instansi/perusahaan yang tidak memiliki Staf Khusus Untuk Pemeliharaan Website, perorangan atau lembaga yang tidak mempunyai kemampuan khusus untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan website.  Web Developer akan memberikan Penawaran Jasa Maintenance Website. Jika perusahaan tidak memakai jasa maintenance website yang di berikan web developer, perusahaan cukup membayar seusai paket yang ditentukan. Apakah semuanya akan berjalan lancar seperti itu ?

Apa itu Maintenance Website

Instansi/Perusahaan yang tidak memakai jasa maintenance website dari web developernya harus memaintenance sendiri websitenya. Perusahaan harus membayar staf khusus yang bisa mengerjakan teknis web server, mail server, coding dan web design untuk marketing. Selain itu secara pengalaman, pasti staff tersebut kurang dibandingkan web developer yang memang mereka fokus di bidang itu.

Kenapa Website harus Di maintenance ? Website yang sudah di publikasi akan bekerja dalam waktu 24 jam sehari dan terus menerus diakses oleh pengunjung dari seluruh dunia, Mulai dari belasan, ratusan,ribuan, bahkan jutaan pengunjung tiap harinya. Website juga terdiri atas file-file dan database yang besar. file-file website yang diletakan di server yang membutuhkan banyak hak akses sehingga banyak memakan waktu, Jangan heran jika suatu waktu website sulit diakses, loading yang lama, file not found, dihack orang tak bertanggung jawab. Untuk inilah maintenance website diperlukan guna melakukan pemeliharaan, perawatan dan perbaikan untuk memastikan seluruh file-file website berfungsi dengan normal sebagimana mestinya.

Alasan – Alasan Melakukan Maintenance Website

Alasan Website Perlu Dimaintenance supaya website tidak mendapatkan hal-hal error saat di akses. inilah alasan-alasan kenapa perlu merawat website agar target dari pembuatan website dapat tercapai secara optimal  :

1. Serach engine menjadi selektif dalam menampilkan setiap hasil pencarian

Hanya website yang sangat berkualitas lah yang mampu muncul pada halaman awal pada mesin pencarian. Semakin berkualitas dan SEO websitenya maka akan semakin menduduki halaman awal dan bahkan urutan awal pada hasil pencarian. Website yang memiliki kualitas baik itu secara konten dan juga secara teknik tampilannya disebut juga Google Friendly/SEO Friendly.

2. Optimasi Social media untuk mendapatkan sebagian besar pengguna internet

Menurut data yang terbaru Facebook merupakan sosial media yang jumlah penggunanya paling banyak di dunia , kemudian di bawahnya disusul oleh Instagram, Whatsapp, Facebook Massager, dll. Itu artinya perusahaan Anda perlu sekali untuk memiliki akun media sosial terutama Facebook.  Karena dengan melalui sosial media ini perusahaan Anda dapat menyapa para pelanggannya secara langsung. Begitu pun sebaliknya, pelanggan juga dapat menyampaikan kritik, saran maupun tanggapan dalam penggunaan produk atau jasa dari perusahaan Anda.

3. Kebutuhan industri untuk merubah tampilan / fungsi website dengan cepat

Disini website dapat diibaratkan seperti front office perusahaan atau toko offline yang berfungsi untuk menyampaikan apabila terdapat perubahan layanan atau untuk menyampaikan informasi-informasi terbaru yang berkaitan dengan produk dan jasa perusahaan kepada pelanggan, dan hal ini dapat dilakukan secara cepat mengingat kemampuan dari website yang dapat melakukan peruhan sewaktu-waktu.

4. Serangan virus dan hacker terhadap website makin meningkat

Sebuah data menunjukan bahwa serangan virus dan hacker terhadap website mengalami peningkatan per tahunnya dengan memiliki berbagai modus. Dimulai dari keisengan hingga dapat membuat system dalam website menjadi lumpuh. Di tahun 2013 saja telah terindentifikasi sekitar 40juta serangan dari hacker yang ada di dunia. Dengan adanya hal ini pemilik website sangat perlu untuk melakukan perawat agar ketika terdeteksi adanya virus atau hacker dalam system websitenya dapat sesegera mungkin  ditangani. Jangan sampai keberadaan virus dan hacker tidak diketahui sehingga lama kelamaan akan membuat system dalam website menjadi lumpuh bahkan tanpa Anda sadari hacker tersebut telah mencuri data dari perusahaan Anda untuk keperluan yang negatif.

5. Hosting yang juga membutuhkan perawatan

Seperti halnya alat elektronik yang Anda miliki, hosting juga membutuhkan pengawasan dan juga perawatan. Karena setiap aktivitas pengunjung pada website dapat menyebabkan hosting membutuhkan CPU usage yang sangat besar, sehingga hal tersebut dapat membuat halaman website Anda menjadi lambat atau istilah gaulnya lemot saat sedang dibuka, atau yang lebih berbahaya hosting Anda dapat terkena suspend sepihak dari penyedia layanan hosting karena dianggap telah melanggar peraturan TOS (Term of Services).

Tindakan yang dilakukan saat maintenance website

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa tujuan utama dari maintenance website adalah agar website selalu dalam keadaan normal dan bekerja sebagaimana mestinya. Untuk itu diperlukan tindakan atau kegiatan maintenance website secara berkala yang meliputi :

  1. Backup Data Berkala(file-file web dan database server) Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat segera di restore/dipulihkan kembali.
  2. Selalu optimasi file-file website agar website selalu tampil dengan normal.
  3. Selalu Periksa Serf URL dari error untuk memastikan tidak ada halaman yang error saat di publish ke search engine.
  4. Webhosting monitoring, pemeliharaan, perawatan, analisis program, awstat, bandwidth monitoring, space monitoring, dll. Pemerikasaan dan perbaikan menyeluruh terhadap file-file web aman tidak ada yang menghack, virus, atau malware.
  5. Ping services secara berkala untuk search engine.
  6. Input dan Update data secara berkala agar website selalu bagus di search engine.

Jasa SEO & Maintenance Website Profesional

Website yang sudah Termaintenance dengan baik dan benar tentunya akan terindex oleh google lebih Cepat. Beberapa jasa website menyediakan jasa Seo & maintenance website profesional seperti Mousmedia.

Untuk melakukan maintenance website secara berkala dibutuhkan tenaga ahli yang sudah mengerti akan dunia website dan pemasaran online. Anda bisa memperkerjakan seorang admin dengan biaya bulanan seperti karyawan pada umumnya atau Anda juga bisa bekerjasama dengan penyedia Jasa maintenance website seperti Mousmedia untuk meminimalisir biaya agar lebih hemat.

Mousmedia adalah salah satu perusahaan terkemuka dalam pengembangan situs web dan penyedia layanan SEO & Maintenance Website Profesional . Mousmedia memiliki team Maintenance terbaik untuk menyesuaikan dengan target pasar anda. Mousmedia adalah solusi Maintenance website anda.

Mousmedia akan memberikan jasa seo & maintenance website secara optimal sehingga anda tidak perlu menghawatirkan website anda lagi.

 

Layanan layanan maintenance yang di berikan mousmedia :

  1. 1 keyword utama
  2. custom kata kunci tambahan
  3. Update 20 konten / bulan
  4. Full Backup mingguan
  5. Perbaikan teknis
  6. Peningkatan UI & UX
  7. Manajemen Media Sosial
  8. Meningkatkan kecepatan halaman web
  9. 2000 kunjungan halaman / hari

 

Layanan maintenance yang di berikan mousmedia sudah termasuk :

  1. Fitur Perbaikan teknis
  2. Satu Halam Seo
  3. Optimasi Konten
  4. Membangun Backlink
  5. Kata kunci Penelitian
  6. Manajemen Newsletter
  7. Pemeliharaan cPanel
  8. Optimasi Off Page
  9. Pemeliharaan & Perbaikan Bug
  10. Pemeliharaan Email
  11. lalu lintas Lokasi Pengunjung
  12. Pemeriksa Tautan Rusak
  13. Backup Lengkap File Website
  14. Laporan bulanan
  15. Optimasi Size Gambar
  16. Backup basis data

 

Untuk itu, melakukan maintenance website adalah hal wajib jika anda berniat untuk Go online. Jika tidak siap melakukan meintenance website lebih baik tidak memiliki website, karena website yang tidak dikelola dengan baik akan sering eror, dan justru membuat citra perusahaan atau bisnis Anda semakin menurun.

Tag

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of