Cara cepat agar artikel terindex di search engine

Cara cepat agar artikel terindex di search engine — Jadi Anda mengalami masalah saat mengindeks website Anda? Jangan khawatir. Semua orang, termasuk para pakar SEO, pernah mengalami ini. Pada satu atau lain hal. Dan sebenarnya solusinya sangat, sangat sederhana. sebelumnya anda harus mengetahui apa itu search engine dan apa saja yang ada dalam search engine tersebut

 

Apa itu search engine

Mesin pencari atau search engine adalah sebuah system dari software/aplikasi/website yang mengumpulkan dan mengorganisir konten dari seluruh internet, didesign untuk mencari berbagai informasi  yang tersimpan dalam layanan world wide web (WWW), File Transfer Protocol(FTP), Mailing List, atau news Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah server dalam suatu Batasan jaringan. Cara pemakaiannya anda tinggal memasukan apa yang ingin anda cari dan mesin pencari akan memberikan  anda berbagai link ke konten yang sesuai dengan apa yang dicari. Hasil halaman Pencarian, biasa disebut search engine results page SERP, Memberikan hasil kepada anda dari konten yang paling relevan. Cara mesin pencari menentukan ranking memang berbeda-beda.

Anda bisa membaca artikel tentang search engine di sini : Pengertian search engine dan jenis-jenisnya

 

Apa itu index search engine

Apa Itu Index Search Engine - Cara cepat agar artikel

search engine index adalah database yang berisi berbagai informasi dan halaman sebuah website. Dari database tersebut, search engine seperti google dan bing  dapat menampilkan berbagai hasil pencarian kepada pengguna.

Informasi dan halaman-halaman website tersebut didapatkan search engine seperti google dan bing dari proses crawling dan indexing. Crawling adalah proses untuk “menemukan” berbagai halaman website, sedangkan indexing adalah proses untuk “menyimpan” setiap halaman website ke database agar muncul di hasil pencarian.

Untuk melihat website kamu sudah masuk ke search engine index, kamu dapat melakukan pencarian “site:domainwebsite.com” /  dengan mengetikan semua judul artikel kamu di search engine.

 

Bagaiaman cara kerja index search engine

Bagaiaman Cara Kerja Index Search Engine - Cara cepat agar artikel

Pada dasarnya, ketika Anda menerbitkan posting blog baru atau halaman apa pun, untuk dapat muncul di SERP, Google dan mesin pencari lainnya, itu melalui proses crawling (perayaban). Hasilnya, berupa data base yang akan dibawa masing-masing search engine. Dimana kemudian untuk diindeks. Cuma itu.

Bebicara tentang proses itu, membutuhkan beberapa kalimat untuk dipahami. Namun, gambar (milik HowStuffWorks) mungkin dapat menyederhanakannya:

Jadi laba-laba web alias robot crawler mesin pencari bergerak di Internet. Mencari halaman baru dan yang diperbarui untuk dijelajahi. Mereka melalui jalur-jalur yang dalam bentuk link. Robot crawler melompat dari satu link ke link lainnya. Dari satu situs ke situs lain. Dari satu halaman ke halaman lain.

Setelah menemukan sesuatu yang belum diindeks, ia akan memindai dari atas ke bawah. Merekam sesuatu yang dianggap kata kunci, menempatkan data baru / yang diperbarui ke dalam database mesin telusur. Untuk kemudian dimunculkan pada SERP. Dititik ini, sudah dapat dianggap terindeks. Mengapa?

Karena SERP yang kita semua ingin peringkatkan tinggi, dibangun dengan mengambil data dari database yang diisi oleh perayap mesin pencari dengan informasi. Dan itulah mengapa sangat penting agar konten Anda diindeks secepat mungkin.

Sekarang setelah kita menyelesaikannya, mari kita lihat beberapa faktor terpenting yang memengaruhi pengindeksan mesin telusur.

 

Hal-hal yang mempengaruhi index search engine

Situs dan halaman, berbeda satu sama lain. Ada metrik penting yang dipertimbangkan, saat crawler web melakukan tugasnya.

Ini tentu saja hanya menyangkut mesin pencari Google. Anda harus ingat bahwa mesin pencari lain bertindak berbeda. Meskipun, dengan cara yang sama. Hanya metrik yang diperhitungkan yang bervariasi, antara sati mesin telusur yang lainnya.

Oke, sekarang kita sepakat tentang satu fakta, bahwa, pengindeksan bukanlah konstanta melainkan variabel. Terutama bergantung pada seberapa sering website dirayapi oleh laba-laba mesin pencari.

Nah, untuk membuat website kamu terindex oleh Google dengan cepat. Kamu harus melakukan 7 hal berikut:

 

1. Tambahkan Website Kamu ke Google Search Console/ Webmaster Google Tools

Tambahkan Website Kamu Ke Google Search Console Webmaster Google Tools - Cara cepat agar artikel

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menambahkan website kamu ke Search Console contoh google search console. Google Search Console adalah tools Google yang berguna untuk memonitoring kinerja website.

Melalui tools ini kamu dapat mengidentifikasi halaman paling populer (paling banyak diakses pengunjung), mengetahui keyword yang populer untuk bisnis kamu atau mengevaluasi konten-konten yang ada pada website.

Fungsi Google Search Console yang paling penting dalam proses indexing adalah kamu bisa melihat seberapa sering Google melakukan crawling terhadap website kamu serta mengetahui indexing error yang bisa mempengaruhi ranking website pada hasil pencarian.

 

2. Tambahkan semua variasi URL ke Webmaster Google Tools

Tambahkan Semua Variasi Url Ke Webmaster Google Tools - Cara cepat agar artikel terindex

Google telah menjelaskan pada halaman bantuan search console, bahwa kita perlu menambahkan semua variasi URL untuk domain yang kita miliki ke Google Webmaster Tools.

“Pastikan untuk menambahkan semua variasi URL akar situs, termasuk versi www serta non-www, dan semua variasi subdomain (yoursite.com, m.yoursite.com, blog.yoursite.com)”.

Misalnya nama domain: achikuchi.com (non-www), maka perlu juga menambahkan versi www ke properti Webmaster Google Tools:

  • https://mousmedia.com
  • https://www.mousmedia.com

Jika domain blog menggunakan SLL (protokol https://), maka tambahkan juga:

  • https://mousmedia.com
  • https://www.mousmedia.com

Artinya, jika domain menggunakan SSL, maka perlu menambahkan 4 variasi URL seperti di atas.

Pertanyaannya:

Bagaimana jika tidak menambahkan semua variasi URL? namun kita hanya menambahkan satu versi saja.

Tidak akan menjadi masalah besar. Namun Google menganjurkannya.

Hal yang perlu diketahui adalah dengan menambahkan semua variasi URL ke Search Google Console, situs akan lebih mudah untuk dirayapi (ditemukan) oleh Googlebot serta mengindeks (memahami) situs lebih cepat dan memberikan peringkat dengan benar.

 

3. Perbaiki Indexing Error

Perbaiki Indexing Error - Cara cepat agar artikel

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 1 (Tambahkan Website Kamu ke Google Search Console) kamu dapat mengetahui indexing error melalui Google Search Console yang berpengaruh pada ranking website kamu.

Setelah mengetahui kalau ada error di website, kamu harus memperbaiki indexing error tersebut. Berikut beberapa error yang paling sering ditemukan:

  1. 404 Error

    404 error yaitu error yang terjadi ketika Google melakukan crawling terdapat sebuah halaman website 404 error.

  2. Soft 404 Error

    Error 404 error yaitu error yang terjadi Google melakukan crawling juga menemukan halaman 404 error, tetapi status pada kode halaman mengirimkan pesan 200 (sukses) ke browser.

  3. Server Error

    Server error yaitu error yang menunjukkan server kamu mengalami time out (tidak dapat merespon).

  4. Not Followed

    Not followed yaitu error yang terjadi ketika Google tidak bisa memahami tipe konten di website, seperti iframe, flash, atau javascript.

Untuk mengatasi masalah error diatas, berikut caranya:

  1. 404 error

    Untuk mengatasi 404 error, lakukan hal-hal berikut:

    • Perhatikan penulisan URL.
    • Reload atau refresh halaman.
    • Bersihkan cache dan history browser kamu.
    • Jika website kamu berbasis wordpress, kamu bisa coba mereset permalink, restore file .htaccess, dan nonaktifkan tema dan plugin jika masih belum berhasil (masih error).
  2. Server Error

    Server error disebabkan oleh beberapa alasan, salah satunya yaitu server mengalami time out. Gunakan Fetch as Google untuk memastikan apakah halaman tersebut benar-benar error. Jika fetch as Google menunjukkan halaman tersebut masih berjalan dengan baik, kamu bisa mengabaikan error tersebut.

4. Buat Sitemap XML dan HTML

Buat Sitemap Xml Dan Html - Cara cepat agar artikel

Untuk memudahkan Google memahami isi website kamu, kamu perlu membuat sitemap XML. Sitemap XML adalah daftar dari halaman website yang ditujukan kepada mesin pencari agar website mudah ditemukan.

Jika sitemap XML ditujukan untuk mesin pencari, sitemap HTML adalah daftar halaman website yang ditujukan untuk pengunjung website kamu.

Untuk membuat sitemaps, kamu bisa mendaftarkan sitemap website kamu di Google Search Console. Berikut caranya:

  1. Masuk ke beranda Google Search Console.
  2. Pilih menu “Sitemaps”.
  3. Tambahkan file “sitemaps.xml” dan klik tombol submit”.
  4. Jika sudah berhasil, maka akan muncul status “Success (Sukses)” pada daftar sitemaps. Jika belum berhasil, kamu bisa tunggu hingga proses berhasil.

 

5. Buat Robots.txt

Buat Robots.txt - Cara cepat agar artikel

Robot.txt adalah file yang berfungsi untuk memberitahu mesin pencarian mengenai halaman yang perlu di index atau halaman yang tidak perlu di index.

Misalnya halaman konten duplikat yang sebaiknya tidak perlu masuk ke index Google, karena dapat membuat google melakukan deindex, bahkan menghapus website kamu dari index.

 

6. Update Konten

Update Konten

ini adalah yang paling krusial. Content is King! Point ini saya kira sudah cukup jelas. Google dan mesin telusur lainnya akan memberi prioritas pada konten kualitas tinggi. Jadi jangan heran, jika konten Anda yang tampak berputar, tidak diindeks. Bahkan, walau pun Anda telah mengirimkan peta situs atau melakukan inspeksi URL di Google Search Console.

Untuk membuat konten yang berkualitas, berikut tipsnya:

  1. Tentukan topik konten sebelum membuat konten.
  2. Gunakan kata kunci (keyword) yang tepat.
  3. Buat judul yang menarik.
  4. Ciptakan engaging content (konten yang menawarkan suatu perspektif baru, suatu pengetahuan, sesuatu yang bermanfaat dan menginspirasi pembaca).
  5. Masukkan link terkait (menghubungkan satu konten dengan konten lain yang saling berhubungan).

Kira-kira bagaimana cara menentukan topik konten? Atau cara menggunakan kata kunci (keyword) yang tepat? Temukan jawabannya pada artikel sebelumnya mengenai  Cara membuat konten yang baik untuk website

 

7. Buat Kategori Konten

Buat Kategori Konten

Jika kamu membuat banyak konten pada website, alangkah lebih baik kamu membuat kategori konten. Kategori membantu pengunjung menemukan konten dengan mudah, serta membantu Google mengcrawling website kamu dengan efisien (cepat).

Kategori konten juga membantu Google untuk menganalisa hubungan suatu halaman dengan halaman lain. Google juga lebih mudah memahami konten yang topiknya mirip.

Berikut salah satu contoh website yang sudah membuat kategori konten pada blog website mereka: mousmedia.com/blogs/

 

8. Perbanyak Internal Link

Perbanyak Internal Link - Cara cepat agar artikel

Jika sebuah situs memiliki banyak tautan masuk dari situs web terkemuka lainnya, itu pasti akan dirayapi lebih sering oleh laba-laba web. Sehingga, membuatnya lebih mudah dan lebih cepat untuk diindeks.

Internal link adalah link yang mengarah dari suatu halaman menuju halaman lain dalam satu website. Internal link membantu Google memahami hubungan setiap halaman pada website kamu.

Internal link berkaitan dengan anchor text. Anchor text berisi link yang saling berkaitan, gunakan kata-kata yang memberikan nilai bagi pembaca, karena kata anchor text yang salah akan berdampak buruk terhadap SEO

Contoh penggunaan kata anchor text yang salah yaitu disini, disini, ini, itu, dan lain-lain.

Dan perlu diperhatikan, jangan sembarangan menaruh internal link (tidak berhubungan), karena dapat dianggap “spam” oleh Google.

 

9. Dapatkan Backlink yang Berkualitas

Dapatkan Backlink Yang Berkualitas - Cara cepat agar artikel

Backlink adalah sebuah link yang terdapat pada website lain yang mengarah website kamu.

Backlink merupakan salah satu hal penting dalam indexing, karena Google menemukan halaman website melalui backlink. Sehingga jika kamu mendapatkan banyak backlink berkualitas dari banyak website, semakin mudah Google menemukan website kamu.

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, berikut 5 tipsnya:

  1. Sediakan konten yang berkualitas.
  2. Cari tahu strategi backlink kompetitor menggunakan tools Open Site Explorer, Ahrefs, Majestic SEO,OpenLinkProfiler, atau SEO Spy Glass.
  3. Manfaatkan website direktori.
  4. Buat konten link bait.
  5. Dan ikuti berbagai forum diskusi agar banyak orang yang mengenal website kamu.

Anda juga bisa membaca artikel mengenai Panduan SEO On-Page dan SEO Off-Page pada website

 

10. Usia situs

Usia Situs

pada dasarnya, semakin tua situs web, semakin sering ia dirayapi. Hal ini tentunya mengingat fakta, bahwa, website tersebut masih aktif dan rutin merilis konten baru. Jika tidak, maka usia situs web tidak memberi dampak signifikan. Anda bisa membaca artikel ini untuk menambah wawasan mengenai umur website yang baik Pentingnya Perawatan (Maintenance) Website

 

11. Traffic

Traffic

situs web dengan lebih banyak lalu lintas, cenderung lebih sering dirayapi. Ini, memudahkan perayap mesin pencari untuk menemukan konten baru di situs yang lebih aktif.

Jumlah backlink terbaru ke halaman tertentu ― misalnya, posting blog baru cenderung lebih cepat diindeks, jika dibagikan di media sosial dan ditautkan oleh situs web lain. Bagaimanapun, crawler mesin pencari mengikuti link sehingga semakin banyak link yang mengarah ke halaman tertentu, semakin tinggi peluang crawler untuk menemukannya dan mengindeksnya.

 

Kesimpulan

Meskipun masih merupakan fakta bahwa, konten berkualitas tinggi dan backlink authority adalah kartu as dalam hal SEO. Namun, Anda tetap harus mengedepankan proses indeksasi.

Jika Anda hanya mengikuti semua metode dan taktik yang sudah kita bahas dalam artikel ini, maka indeks akan menjadi menjadi proses otomatis. Pada suatu titik, dimana otoritas situs Anda mulai naik, Anda tidak perlu melakukan apa pun. Selain, menulis konten berkualitas tinggi dan indeks akan terjadi secara alami dan berjalan cepat.

 

Jasa SEO & Maintenance Website Profesional

Website yang sudah Termaintenance dengan baik dan benar tentunya akan terindex oleh google lebih Cepat. Beberapa jasa website menyediakan jasa Seo & maintenance website profesional seperti Mousmedia.

Untuk melakukan maintenance website secara berkala dibutuhkan tenaga ahli yang sudah mengerti akan dunia website dan pemasaran online. Anda bisa memperkerjakan seorang admin dengan biaya bulanan seperti karyawan pada umumnya atau Anda juga bisa bekerjasama dengan penyedia Jasa maintenance website seperti Mousmedia untuk meminimalisir biaya agar lebih hemat.

Mousmedia adalah salah satu perusahaan terkemuka dalam pengembangan situs web dan penyedia layanan SEO & Maintenance Website Profesional . Mousmedia memiliki team Maintenance terbaik untuk menyesuaikan dengan target pasar anda. Mousmedia adalah solusi Maintenance website anda.

Mousmedia akan memberikan jasa seo & maintenance website secara optimal sehingga anda tidak perlu menghawatirkan website anda lagi.

 

Layanan layanan maintenance yang di berikan mousmedia :

  1. 1 keyword utama
  2. custom kata kunci tambahan
  3. Update 20 konten / bulan
  4. Full Backup mingguan
  5. Perbaikan teknis
  6. Peningkatan UI & UX
  7. Manajemen Media Sosial
  8. Meningkatkan kecepatan halaman web
  9. 2000 kunjungan halaman / hari

 

Layanan maintenance yang di berikan mousmedia sudah termasuk :

  1. Fitur Perbaikan teknis
  2. Satu Halam Seo
  3. Optimasi Konten
  4. Membangun Backlink
  5. Kata kunci Penelitian
  6. Manajemen Newsletter
  7. Pemeliharaan cPanel
  8. Optimasi Off Page
  9. Pemeliharaan & Perbaikan Bug
  10. Pemeliharaan Email
  11. lalu lintas Lokasi Pengunjung
  12. Pemeriksa Tautan Rusak
  13. Backup Lengkap File Website
  14. Laporan bulanan
  15. Optimasi Size Gambar
  16. Backup basis data

 

Untuk itu, melakukan maintenance website adalah hal wajib jika anda berniat untuk Go online. Jika tidak siap melakukan meintenance website lebih baik tidak memiliki website, karena website yang tidak dikelola dengan baik akan sering eror, dan justru membuat citra perusahaan atau bisnis Anda semakin menurun.