Panduan SEO On-Page dan SEO Off-Page pada website

Panduan SEO On-Page dan SEO Off-Page pada website — Tujuan utama SEO adalah upaya untuk meningkatkan ranking website kita di search engine dengan kata kunci yang sudah ditargetkan. Jika website sudah berada pada posisi teratas search engine, maka otomatis situs tersebut memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapat pengunjung lebih banyak.

SEO ada 2 jenis, yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page. SEO on-page adalah strategi SEO yang dilakukan dari dalam website atau saat pembuatan website, mulai dari pemilihan gambar yang benar, heading, meta tags, dll. Sedangkan SEO Off Page adalah strategi SEO yang dilakukan setelah website selesai, dan sebagai penunjang Website dari luar, contohnya melakukan Link building untuk mendapatkan Backlink,Share di Media Sosial, Google Bisnisku, dll.

Baca Juga : Pengertian SEO dan Indikator SEO

Apa itu SEO On-Page ?

Apa itu SEO On-Page ? - SEO On-Page dan SEO Off-Page

SEO on-page adalah strategi SEO yang dilakukan dari dalam website atau saat pembuatan website, mulai dari pemilihan gambar yang benar, heading, meta tags, dll.

Faktor – faktor penting yang harus diketahui saat optimasi seo on page :

1. Title Tags

Title Tag - SEO On-Page dan SEO Off-Page

Ketika membuat judul pastikan website anda memasukan kata kunci pada judul di website anda untuk membuat Title Tags. Umumnya, title tags yang ditentukan oleh Google sebagai mesin pancari adalah tidak kurang dari 32 karakter atau tidak lebih dari 80 karakter (agar judul Anda tidak berupa titik) Gunakan SEOMOFO untuk blogger dan yoast seo untuk wordpress.

2. Heading (Sub Judul)

Heading (Sub Judul) - SEO On-Page dan SEO Off-Page

Search engine lebih memperhatikan kata kunci pada heading yang umumnya, Sebaiknya anda memberikan kata kunci target pada setiab judulu(heading) disetiap halaman web, pastikan setiap heading saling berhubungan jika tidak ada hubungannya search engine akan menilai konten anda tidak relevan.

3. Struktur Url halaman

Struktur Url halaman - SEO On-Page dan SEO Off-Page

Pastikan Struktur Url anda memiliki kata kunci dari heading anda.Agar dapat dilihat secara optimal oleh mesin pencari.

4. ALT Text Image

ALT Text Image - SEO On-Page dan SEO Off-Page

Fungsi gambar pada website adalah untuk membuat tampilan website lebih menarik. Ketika gambar pada website anda dicrowl oleh search engine, disitu kegunaan alt text.Teks ini memang tidak telihat oleh pengunjung, akan tetapi lebih ditunjukkan kepada mesin pencari,agar gambar Anda tersebut termasuk di dalam kata kunci yang akan di cari.

5. Konten is king

Konten is king - SEO On-Page dan SEO Off-Page

Buatlah konten sesuai dengan topik website anda, jangan sampai konten yang anda buat tidak beraturan. Agar pengunjung tidak cepat bosan Buat konten yang dengan kata-kata yang nyaman di baca, jangan mencuri artikel/konten dari website lain. Buatlah sesuatu yang unik dengan pemikiran dan pengalaman sendiri.

6. Loading Speed

Loading Speed - SEO On-Page dan SEO Off-Page

Search engine akan mencari website berdasarkan artikel/konten,Loading speed,kata kunci untuk ditaruh dihalaman pertama,search engine seperti google akan memberikan yang terbaik kepada pengunjung.Maka dari itu Perhatikan kecepatan dari website anda, karena juga berdampak pada tingginya bonchrate pada website.Ada sudah mengetahui apa itu Seo on page dan Seo off page adalah jenis dari search engine optimization yang perlu Anda ketahui.

Jika SEO On-Page merupakan apa yang kita lakukan di dalam website, maka SEO Off-Page adalah hal yang kita lakukan dari luar untuk meningkatkan SEO setelah website jadi. Hampir semua webmaster di seluruh dunia melupakan pentingnya SEO Off-Page, padahal ini juga termasuk hal yang sangat penting.  Contohnya melakukan Link building untuk mendapatkan Backlink,Share di Media Sosial, Google Bisnisku,dll.

Apa itu SEO Off Page ?

Apa itu SEO Off Page ? - SEO On-Page dan SEO Off-Page

SEO Off Page adalah strategi SEO yang dilakukan setelah website selesai, dan sebagai penunjang Website dari luar, contohnya melakukan Link building untuk mendapatkan Backlink,Share di Media Sosial, Google Bisnisku, dll.

Faktor – faktor penting yang harus diketahui saat optimasi seo off-page :

1. Link Building

Perbanyak Internal Link- Cara cepat agar artikel

Link building merupakan faktor penting dalam optimasi seo off-page karena saat ini google menggunakan algoritma bernama page rank maka semakin banyak link building yang mengarah ke website anda maka semakin di anggap berkualitas website anda. Anda perlu mendapatkan backlink/inbound link berkualitas untuk memperkuat SEO off-page website anda. Nah, dalam melakukan link building ada faktor-faktor yang perlu anda perhatikan. Faktor-faktor tersebut adalah :

  1. Page Authority dan Domain Authority.
  2. Dofollow dan Nofollow
  3. Anchor text
  4. Relevansi Koment/konten

 

2. Mention Brand di Media Online

Kemampuan Branding - Perbedaan website custom dengan template website

Biasanya setelah anda mengiklankan website anda atau mengikuti kegiatan tertentu, website anda akan mendapatkan brand mention dari media sosial. penyebutan nama brand anda di media sosial sangat mempengaruhi autority website anda karena semakin banyak brand motion yang anda dapat maka website anda akan semakin dikenal banyak orang.

3. Google Bisnisku

Apa Itu Google My Business

Google Bisnisku adalah layanan berbasis Internet untuk para pemilik usaha yang diberikan oleh google untuk memperkenalkan usaha mereka melalu website. Dengan mendaftar google bisnisku bisnis anda akan mudah ditemukan di pencarian lokal. Di google bisnisku anda bisa menambahkan alamat,nama brand, no telp, website(bisa dijadikan backlink),deskripsi usaha, dan gambar usaha anda.

4. Review

Penggantian Konten Secara Rutin Dan Teratur

Memberikan Review website untuk menambahkan backlink anda, Review ini bisa anda lakukan di google bisnisku, dll. semakin positif review yang diberikan, semakin besar perannya terhadap seo off-page website abda.

5. Media social sharing

Seo Friendly - Perbedaan website custom dengan template website

Semakin sering anda membagikan konten di media sosial, semakin besar juga anda menjangkau pengunjung untuk membaca konten anda. Oleh karena itu, share media sosial tetap penting untuk SEO off page meskipun tidak secara langsung.

Kesimpulan SEO On-page dan Off-page

Kesimpulan Seo On Page Dan Off Page

Tujuan dari 2 tehnik tersebut tetap sama yaitu meningkatkan seo dan menempatkan website di posisi teratas atau halaman pertama google. Anda tidak bisa memilih salah satu dari SEO on-page dan SEO off-page. Anda harus bisa menerapkan 2 Tehnik seo tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau anda belum mengerti mengenai SEO on-page dan SEO off-page anda bisa berkonsultasi dengan pakar seo yang dapat memahami kedua hal tersebut. Semoga Berhasil.

Jika anda kesusahan Menerapkan tehnik seo tersebut anda bisa membeli paket yang mousmedia sudah sediakan. Segera hubungi kami untuk hasil yang memuaskan. Paket SEO & Maintenance Mousmedia

0 0 vote
Article Rating

Share and Enjoy !

0Shares
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Anda juga bisa membaca artikel mengenai Panduan SEO On-Page dan SEO Off-Page pada website […]

0Shares
Open chat