Pengertian Domain,subdomain dan jenis-jenisnya

Pengertian Domain,subdomain dan jenis-jenisnya — apa itu domain? Pada dasarnya domain atau nama domain diasumsikan sebagai alamat fisik. Sebagai contoh, navigasi satelit membutuhkan nama jalan atau kode pos untuk agar sistem bisa menyediakan arah. Sama halnya dengan web browser yang membutuhkan nama domain untuk mengarahkan Anda atau para pengunjung ke website.

Pengertian Domain

Domain adalah alamat/ nama unik yang akan mengantarkan Anda ke website yang Anda tuju dengan menggunakan ip dan kode yang unik. Dengan banyaknya website yang tersebar di internet, menghafalkan kombinasi angka tersebut tentu sangat sulit.

Domain terdiri dari 2 bagian , yaitu nama domain dan extension domain, contoh mousmedia.net kata “mousmedia” adalah nama domain dan “.net” adalah extension domain. Ketentuan membuat nama domain adalah  nama  domain belum terdaftar di internet dan hanya diijinkan menggunakan huruf, angka dan garis penghubung.

Registrasi domain

Semua registrasi nama domain akan dikelola oleh ICANN.

ICANN / Internet Corporation for Assigned Names and Numbers adalah sebuah organisasi yang mengatur kebijakan tentang penamaan domain dan pengorganisasian semua DNS server di internet.

Apa itu Subdomain?

Subdomain merupakan turunan dari domain Anda. Biasanya, subdomain akan memuat kata atau nama yang lebih khusus dari keseluruhan website Anda.Contoh : theme.mousmedia.net. Kata “theme” yang berada di depan adalah subdomain dan “mousmedia” disebut dengan domain sedangkan “.net” adalah extensionya.

Subdomain biasanya digunakan agar konten yang berada di dalamnya tidak tercampur dengan konten utama dari website yang dimiliki user. Dengan adanya subdomain ini, Anda tidak akan bingung menempatkan artikel tanpa merusak estetika toko online Anda.

Tidak hanya berguna untuk memisahkan konten khusus dari domain utama Anda, subdomain memiliki manfaat lain. Kegunaan subdomain diantaranya adalah:

  • Search engine melihat subdomain sebagai website unik yang tidak terhubung dengan domain utama Anda. Hal ini berarti, peringkat subdomain Anda juga bisa naik dan menjajari domain utama. Tentunya, hal ini berarti Anda bisa menggeser turun website kompetitor.
  • Jika digunakan dengan benar, subdomain juga bisa langsung terindeks dengan cepat dan mendapatkan manfaat dari domain utama.

Selain subdomain, domain juga umumnya dibagi ke dalam tiga kategori, yakni Top Level Domain, Second Level Domain, dan Third Level Domain.

TLD ( Top Level Domain )

Sejatinya, Top Level Domain merupakan ekstensi domain yang berada di belakang nama website. TLD sendiri adalah ekstensi yang sudah sangat populer. Diantaranya, .com, .net, .gov, .org dan lain-lain. Banyak yang lebih memilih menggunakan Top Level Domain karena berbagai alasan. Salah satunya adalah karena lebih mudah diingat dan lebih umum.

Masing-masing TLD/ Top Level Domain sebenarnya bisa memberikan gambaran, apa sih isi dari situs tersebut. Beberapa contoh TLD dan peruntukannya  adalah sebagai berikut :

  1. .com : digunakan untuk situs atau website komersial atau perusahaan.
  2. .net : digunakan untuk situs atau website jaringan
  3. .biz : digunakan untuk situs atau website bisnis
  4. .info : digunakan untuk situs atau website informasi
  5. .org : digunakan untuk situs atau website organisasi
  6. .tv : digunakan untuk situs atau website televisi
  7. .edu : digunakan untuk situs atau website pendidikan
  8. .pro : digunakan untuk situs atau website profesi
  9. .Edu : digunakan untuk situs atau website pendidikan dan terbatas hanya untuk pendidikan.
  10. .Mil : digunakan untuk situs atau website angkata bersenjata atau Militer.
  11. .travel : digunakan untuk situs atau website Bisnis Pariwisata.

Second Level Domain (SLD)

Pengertian nama domain SLD merupakan sebuah nama yang sobat daftarkan, Contoh nama domain SLD untuk website www.mousmedia.net Second Level Domainnya adalah ” mousmedia”.

Third Level Domain

Pengertian domain Third Level Domain merupakan sebuah nama Domain yang sobat dapat berikan sebelum TLS dan SLD misalnya sobat ingin membuat web untuk keperluan email , Letaknya berada paling depan dari kesatuan URL nama domain yang Anda miliki. Misalnya, “www.mousmedia.net“, maka “www” inilah yang dikategorikan sebagai Third Level Domain.

Country Code Top Level Domain

domain tersebut akan membawa identitas negara dan menunjukkan bahwa isi website tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang berada di negara tersebut, seperti domain dengan akhiran inisial negara .id, .sg, .au.

Contoh Penggunaan Country Code Top Level Domain :

  1. .cn : digunakan untuk situs atau website di negara China
  2. .id : digunakan untuk situs atau website di negara Indonesia
  3. .my : digunakan untuk situs atau website di negara Malaysia
  4. .sg : digunakan untuk situs atau website di negara Singapura
  5. .uk : digunakan untuk situs atau website di negara Amerika

Beberapa country domain yang ada di Indonesia :

  1. .ac.id : digunakan untuk situs atau website lembaga akademik yang ada diIndonesia
  2. .go.id : digunakan untuk situs atau website organisasi pemerintah yang ada diIndonesia
  3. .co.id : digunakan untuk situs atau website perusahaan komersial yang ada diIndonesia
  4. .web.id: digunakan oleh personal maupun organisasi Indonesia.
  5. .gov.id : digunakan untuk situs atau website Pemerintahan.

Addon Domain

Addon domain adalah domain yang ditambahkan setelah Anda memiliki domain utama. Namun, addon domain tidak bekerja seperti subdomain. Jika subdomain masih menggunakan nama domain utama Anda, addon domain bisa menjadi sebuah domain independen dengan konten yang sangat berbeda. Domain ini nantinya akan masuk ke sub-direktori pada folder public_html web hosting Anda.

Meski begitu, pengunjung website kedua Anda mungkin tidak sadar jika domain tersebut merupakan addon domain. Hal ini dikarenakan tampilannya yang seperti sebuah website dengan domain terpisah.

Misalnya, jika mousmedia.net adalah addon domain dari mousmedia.com, maka folder mousmedia.net akan berada di dalam folder public_html milik mousmedia.net . Namun, konten yang ada di mousmedia.net bisa sangat berbeda dari domain utamanya.

Tag

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of